Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+6285104202959

Email

as@iainmadura.ac.id

Dua Mahasiswa Akuntansi Syariah Ikuti Madrasah Penulisan Jurnal Bereputasi

  • Diposting Oleh Admin Web Prodi AS
  • Kamis, 16 November 2023
  • Bagikan ke

Madrasah Penulisan Jurnal Bereputasi untuk mahasiswa adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh IAIN Madura dalam rangka untuk meningkatkan literasi kepenulisan mahasiswa di lingkungan IAIN Madura. Kegiatan ini berlangsung di Trawas selama 3 hari , yaitu dari hari Senin-Rabu, 13-15 November 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu event penting yang dimanfaatkan oleh program studi untuk menguatkan literasi kepenulisan dan menambah pengalaman mahasiswa dalam dunia tulis-menulis karya ilmiah. Harapannya, mereka akan mendapatkan bekal yang cukup untuk melakukan riset dan menghasilkan output berupa artikel yang bisa terpublikasikan pada jurnal nasional bereputasi.

Dua orang mahasiswa prodi Akuntansi Syariah ikut serta dalam kegiatan ini, yaitu Ashila Fajriani Kamila dari semester III dan Alfiatur Rohmaniyah dari semester V. Mereka dinyatakan sebagai peserta delegasi Prodi Akuntansi Syariah setelah melalui proses seleksi dari prodi dan didaftarkan pada kegiatan tersebut.

Ashila mengungkapkan bahwa dirinya sangat beruntung bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut, karena dia bisa mendapatkan banyak pengalaman yang berharga. Para pemateri yang mumpuni serta panitia yang selalu siaga memperhatikan kebutuhan peserta membuat acara benar-benar sangat berkualitas. Peserta sama sekali tidak perlu direpotkan urusan akomodasi sehingga bisa fokus mengikuti materi dan mendapatkan ilmu secara maksimal.

"Bagi saya yang seorang pemula, kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan skill menulis saya. Di hari pertama kami mendapatkan materi tentang kepenulisan secara rinci, dan di hari kedua kami diberi waktu untuk mengoreksi artikel yang sudah kami tulis untuk kemudian dipresentasikan di hadapan fasilitator dan diberikan masukan," ungkap Ashila menceritakan apa yang dia lakukan saat mengikuti kegiatan ini. Dia berharap agar kegiatan-kegiatan serupa akan dilaksanakan secara rutin oleh kampus dengan jangka waktu yang lebih lama agar skill menulis mahasiswa meningkat dan IAIN Madura lebih dikenal di tingkat nasional dan internasional melalui karya-karya mahasiswanya.

Di sisi lain, Alfiatur Rohmaniyah, mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah yang juga ikut sebagai peserta dalam kegiatan ini mengaku sangat bersyukur bisa berkesempatan ikut Madrasah Penulisan Jurnal Bereputasi. Mahasiswa yang akrab dipanggil Via ini juga mengucapkan terima kasih kepada kaprodi atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk menjadi delegasi Prodi Akuntansi Syariah mengikuti kegiatan ini.

"Jujur, selama tiga hari kami mengikuti kegiatan, sama sekali tidak ada rasa bosan. Kalo bisa, saya malah ingin agar waktu kegiatannya diperpanjang lagi. Kami hanya diberi kesempatan untuk merevisi artikel dalam waktu tiga hari, padahal untuk menghasilkan tulisan yang bagus membutuhkan waktu yang lama. Mudah-mudahan tahun depan kegiatan seperti ini diadakan lagi dengan waktu yang lebih panjang" kata Via. Dia juga mengaku sangat terkesan dengan suasana belajar yang selalu have fun. Lokasi yang nyaman di daerah pegunungan, pemandangan yang indah, serta nuansa yang akrab membuat dia bisa belajar lebih optimal. Dia berharap agar lebih banyak lagi mahasiswa yang berkesempatan mengikuti kegiatan semacam ini.