Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+6285104202959

Email

as@iainmadura.ac.id

Review Kurikulum Outcome Based Education: Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Secara Berkesinambungan

  • Diposting Oleh Admin Web Prodi AS
  • Jumat, 24 November 2023
  • Bagikan ke

Pamekasan - Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Madura menggelar acara dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, yakni "Pendampingan Review Penyusunan Kurikulum OBE". Acara tersebut berlangsung di Hotel Cahaya Berlian Syariah Pamekasan dengan menghadirkan narasumber dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yaitu Dr. Dra. Hj. Meinarni Susilowati, M.Ed (Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu) UIN Malang yang diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 23-11-2023 sampai dengan 24-11-2023. LPM IAIN Madura menunjukkan komitmennya dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Diharapkan, langkah ini akan memberikan dampak positif dalam menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Pendampingan ini diikuti oleh seluruh pimpinan Fakultas dan Program Studi di lingkungan IAIN Madura yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan 1, Kaprodi, Sekprodi, dan Tenaga Kependidikan. Di Program Studi Akuntansi Syariah sendiri diwakilli oleh Kaprodi Akuntansi Syariah yaitu Ira Hasti Priyadi, S.Pd.,M.A, CFP dan Umarul Faruq, ME. 

Dalam menghadapi tantangan di dunia kerja, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Zainal Abidin, MEI menyatakan pentingnya kurikulum Outcome-Based Education (OBE) yang berfokus pada persiapan mahasiswa untuk berkarier. "Kurikulum OBE ini didasarkan pada apa yang penting bagi mahasiswa saat mereka memasuki dunia kerja. Intinya, kurikulum ini terkait dengan orientasi kerja, misalnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam lulusannya ketika lulus akan menjadi praktisi di bidang akuntansi syariah,ekonomi syariah, perbankan syariah, manajemen bisnis syariah, entrepreneur, dan sebagainya," Ujar Dr. Zainal yang juga sebagai Asesor BAN-PT.

Pada kesempatan yang sama Ketua LPM, Dr. Mulyadi,SS, M.Pd, mengatakan bahwa Penyusunan kurikulum berbasis OBE ini adalah momentum untuk menuju akreditasi Internasional. Tidak hanya itu, atas instruksi Wakil Rektor 1 diharapkan semua Fakultas di lingkungan IAIN Madura untuk menyusun kurikulum OBE.

“Kita sudah mengambil langkah pertama dengan menyiapkan dokumen dan naskah, Selanjutnya, kami akan merumuskan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis OBE. Untuk itu masing masing prodi perlu menyiapkan draft terlebih dahulu,” tutur Dr. Mulyadi,  yang merupakan alumni Program Doktor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Dr. Dra. Hj. Meinarni Susilowati, M.Ed. Sebagai narasumber, menuturkan OBE merupakan sebuah konsep terkini dalam dunia pendidikan, menjadikan fokus dan pengaturan sebagai kunci utama, sehingga kemampuan penting bagi mahasiswa dapat terbentuk dengan baik. “Salah satu langkah kunci yang diambil adalah pembuatan template, naskah, dan kurikulum untuk setiap program studi. Selain itu, fakultas ini juga melakukan kurikulum principal review secara berkala. Tak hanya itu Dr. Mei juga menegaskan pentingnya tahapan yang sistematis. “Metode ini memberikan ruang untuk menyelesaikan kurikulum naskah sebelum merinci Rencana Pembelajaran Semester (RPS), yang akan menjadi panduan utama dalam proses belajar mengajar. Ukur hasil belajar mahasiswa, serta bagaimana mahasiswa dapat siap menghadapi dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan,” pungkasnya.