Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+6285104202959

Email

as@iainmadura.ac.id

Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Akuntansi Syariah oleh LAMEMBA di FEBI IAIN Madura

  • Diposting Oleh Admin Web Prodi AS
  • Jumat, 15 Desember 2023
  • Bagikan ke

Pamekasan, 15 Desember 2023 – Tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) telah menyelesaikan asesmen lapangan terhadap Program Studi S1 Akuntansi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Madura. Asesmen ini dilakukan sebagai langkah untuk mengkonfirmasi kesesuaian Dokumen Evaluasi Diri (DED) dan Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS) dengan realitas di Prodi Akuntansi Syariah.

Tim asesor yang terdiri dari Dr. Eko Hariyanto, M.Si., Ak., CA., CPA., dan Dr. Muhyarsyah, S.E., M.Si., telah melaksanakan kegiatan asesmen lapangan selama 3 hari, dimulai pada tanggal 13 Desember 2023 hingga 15 Desember 2023. Pada hari pertama, asesor melakukan wawancara tidak formal dengan pihak Prodi Akuntansi Syariah selama perjalanan dari Surabaya ke Pamekasan untuk menggali data awal tentang program studi.

Keesokan harinya, asesmen lapangan dimulai secara formal pada jam 08:30 dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh kedua asesor, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), wakil dekan FEBI, dosen, tendik, mahasiswa, dan tim borang. Dekan FEBI dan Rektor IAIN Madura memberikan sambutan melalui Zoom karena adanya kunjungan ke Turki.

Setelah pembukaan, para asesor melakukan konfirmasi terhadap data-data yang terdapat dalam DED dan DKPS kepada tim penyusun yang melibatkan dekanat, kaprodi, sekprodi, serta dosen dan tendik yang ditunjuk oleh Dekan FEBI. Kegiatan ini berlangsung hingga sore pukul 16:30.

Hari berikutnya, asesor melanjutkan dengan sesi wawancara bersama dosen program studi, mahasiswa, alumni, dan stakeholders. Sesi wawancara dibagi menjadi dua, yakni dengan mahasiswa dan pengguna lulusan pada pukul 08:00-09:30, serta dengan alumni dan dosen pada pukul 09:30-10:30.

Setelah sesi wawancara, tim asesor melakukan kerja mandiri selama kurang lebih 1 jam sebelum waktu istirahat dan sholat Jumat. Kegiatan asesmen lapangan dilanjutkan kembali pada jam 13:00 setelah asesor menyusun berita acara asesmen lapangan untuk direview oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Proses review memakan waktu lama, hingga selesai pada jam 17:00, kemudian diikuti dengan penandatanganan dokumen berita acara oleh pihak asesor dan UPPS.

Kegiatan ditutup dengan serah terima berita acara asesmen lapangan kepada UPPS, diikuti dengan closing statement dari asesor dan pimpinan UPPS. Asesmen lapangan ini merupakan langkah krusial dalam proses akreditasi Program Studi S1 Akuntansi Syariah di FEBI IAIN Madura.