Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+6285104202959

Email

as@iainmadura.ac.id

Webinar Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Tugas Akhir Pengganti Skripsi

  • Diposting Oleh Admin Web Prodi AS
  • Senin, 20 Mei 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan - Kegiatan webinar penulisan artikel ilmiah sebagai tugas akhir pengganti skripsi dengan tajuk “Mengidentifikasi Isu-Isu Terkini dalam Bidang Akuntansi Syariah” yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi Syariah IAIN Madura berlangsung lancar pada hari Jumat (17/5). Webinar ini diadakan melalui aplikasi Zoom, dimulai pukul 07.30 WIB dengan persiapan cek in peserta. Kegiatan resmi dibuka pukul 08.00 WIB dengan sesi pembukaan yang dipandu oleh Fatimatuz Zahrah, mahasiswa Akuntansi Syariah, sebagai pembawa acara.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars IAIN Madura yang dipandu oleh Gustia Rani, mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah semester IV lalu diikuti pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Subhan Alif, mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah semester IV. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan.

Sambutan pertama disampaikan oleh Ira Hasti Priyadi, Kaprodi Akuntansi Syariah. Dalam sambutannya, Bu Ira mengharapkan webinar ini dapat memperkaya wawasan mahasiswa tentang riset dalam bidang akuntansi syariah. Sambutan kedua dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prof. Dr. H. Zainal Abidin, M.E.I.. Beliau menyatakan dukungannya terhadap penulisan artikel jurnal sebagai pengganti skripsi bagi mahasiswa. Beliau menekankan pentingnya pedoman teknis yang aplikatif bagi mahasiswa dalam penulisan artikel jurnal dan berharap tema-tema yang diangkat bersifat up to date dan relevan dengan profil lulusan.

Acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Umarul Faruq, M.E., dilanjutkan dengan inti kegiatan webinar yaitu penyampaian materi. Fena Ulfa Aulia, M.Ak., dosen Akuntansi Syariah, bertindak sebagai moderator dalam sesi ini. Dr. Virginia Nur Rahmanti dari Universitas Brawijaya, Malang, menjadi pemateri dengan topik "Menggali Ide Penelitian Akuntansi Syariah".

Bu Nia, panggilan akrab Dr. Virginia, memaparkan materi selama 60 menit, termasuk sesi review artikel karya Lily Anggraini dkk. dari IAIN Manado yang berjudul "Is Maqashid Shariah Important for Islamic Bank?". Diskusi interaktif terjadi pada sesi tanya jawab, di mana peserta webinar diberikan kesempatan untuk bertanya dan mendapat jawaban langsung dari pemateri.

Webinar berakhir pada pukul 11.00 WIB setelah moderator memastikan semua peserta telah mengisi daftar hadir secara online. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Madura dalam menentukan tema-tema aktual dan relevan dalam penelitian mereka.